16 December 2006

ZODIAC KRISTEN

Shio Monyet?PUNYA SHIO MONYET? ATAU PUNYA BINTANG SCORPIO (kalajengking )? PROFILE BEBERAPA PENULIS BLOG KRISTEN (ada juga yang Pendeta) MENCANTUMKAN ZODIAC. APAKAH ZODIAC ITU DAN APA KATA ALKITAB TENTANG INI?

Di masa purba, para astrolog (juru ramal berdasarkan tata bintang) memetakan langit pada suatu bagan. Bagan itu disebut sebagai Horoskop (berasal dari kata Yunani hōroskopos, yang artinya “pengamat waktu kelahiran”). Skema langit itu dibagi menjadi 12 dan tiap bagian diberi nama zodiac (berasal dari kata Yunani zodiakos yang artinya binatang). Jika kita perhatikan langit maKONSTELASI BINTANG-BINTANG MEMBENTUK DIAGRAM KALAJENGKINGlam di bekas lintasan matahari dari ufuk Timur sampai Barat terlihat 6 zodiac, 6 zodiac lainnya tidak terlihat sebab ada di balik bumi. Zodiac (tanda binatang) didapatkan dengan menghubungkan garis-garis dalam gugusan bintang yang ada di bekas lintasan matahari. Misalnya di antara 23 Oktober – 21 Nopember, zodiac Scorpio (kalajengking) ada di puncak langit. Kita bisa melihat di bekas lintasan matahari pada bagian puncaknya ada gugusan (konstelasi) beberapa bintang dan jika kita menghubungkan dengan garis, akan didapatkan simbol Scorpio.

Para peramal bintang percaya bahwa karakter, nasib, kecocokan jodoh ditentukan oleh zodiac (tanda binatang dari rasi bintang di saat ia dilahirkan).

Waktu tanggal-bulan-tahun seseorang dilahirkan ditandai dengan zodiac. Horoskop berasal dari Mesopotamia, Babel lebih kurang tahun 2000 SM.


Orang Yunani mengadopsinya dan menandai 12 bagian itu dengan zodiac (binatang) yaitu domba jantan (Aries), sapi (Taurus), kembar (Gemini), kepiting (Cancer), singa (Leo), perawan (Virgo), timbangan (Libra), kalajengking (Scorpio), pemanah (Sagittarius), kambing (Capricorn), penuang air (Aquarius), ikan (Pisces).


Orang Cina mengadopsinya dan menandai 12 bagian itu dengan zodiac (binatang) yang dikenal sebagai shio yaitu tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, kera, ayam, anjing, babi.


Beda horoskop Yunani dan Cina adalah jika zodiac di horoskop Yunani berulang setiap tahun, maka zodiac di horoskop Cina berulang setiap 12 tahun.


Katakanlah, Pdt Paulus Yusuf dilahirkan pada tanggal 1-11-1956. Maka Pdt Paulus Yusuf yang percaya pada horoskop menggambarkan dirinya sebagai kalajengking (zodiac Yunani) dan monyet (zodiac Cina). Lalu berdasarkan zodiac Scorpio, ia membaca Ramalan Bintang Anda Bulan Ini. Ia melirik penjelasan tentang Scorpio.

Musuh berada di sekitar anda. Jaga hubungan dengan siapa saja. Bicara hati-hati. Keuangan: belum waktunya investasi. Keluarga: anda akan punya anak lagi. Kesehatan: jangan makan manis-manis. Asmara: lagi dingin. Hari baik: Rabu. Warna rejeki: kelabu. Angka keberuntungan: 9-11

Berdasar shio monyet horoskop Cina, ia melihat Ramalan Shio Anda Tahun Ini. Ia memperhatikan ramalan shio monyet:

Jiong (bentrok dengan) shio ular. Jauhi pergaulan dengan orang-orang shio ular. Anda lebih beruntung jika mencari teman-teman baru dari shio macan di tahun ini. Tahun ini anda kurang beruntung (terutama di bulan Mei), tetapi jika anda tabah bertahan, maka keberuntungan besar akan anda raih di tahun berikutnya. Jangan memperbaiki rumah di tahun ini. Arah jelek: Selatan. Hindari perjalanan ke arah Selatan.



BOLEHKAH ORANG KRISTEN MENGASOSIASIKAN DIRINYA DENGAN ZODIAC?


1. KITA DICIPTAKAN SEGAMBAR DENGAN ALLAH BUKAN SEGAMBAR DENGAN BINATANG

Kejadian 1:27
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
Image (gambar diri) manusia harus mengacu ke atas, kepada mahluk yang lebih tinggi daripada dirinya (yaitu Allah), kepada kekekalan, kepada kemuliaan. Kita diciptakan segambar dengan Allah. Jika kita mengasosiasikan diri kita dengan zodiac (binatang) maka itu artinya kita punya gambar diri (self image) yang mengacu ke bawah, kepada mahluk yang lebih rendah daripada kita (binatang), kepada kefanaan dunia, kepada kehinaan.

Adakah kita menggambarkan diri sebagai manusia ilahi ataukah seperti contoh di atas di mana Pdt Paulus Yusuf menggambarkan diri sebagai kalajengking dan monyet?

Jika kita menggantikan gambaran Allah yang mulia dalam diri kita dengan gambaran binatang, maka kita tidak ubahnya dengan orang fasik yang bodoh seperti disebutkan di Roma 1:18-25

Roma 1:22-23
Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. MEREKA MENGGANTIKAN KEMULIAAN ALLAH yang tidak fana DENGAN GAMBARAN YANG MIRIP DENGAN MANUSIA YANG FANA, BURUNG-BURUNG, BINATANG-BINATANG YANG BERKAKI EMPAT ATAU BINATANG-BINATANG YANG MENJALAR.

Menjadi simpatisan horoskop itu artinya setuju untuk mengganti self image (gambaran diri) yang asalnya ilahi dengan gambaran yang MIRIP DENGAN MANUSIA YANG FANA (Gemini, Virgo, Sagittarius, Aquarius), dengan gambaran yang mirip BURUNG-BURUNG (shio ayam), dengan gambaran yang mirip BINATANG-BINATANG YANG BERKAKI EMPAT (Aries, Taurus, Leo, Capricorn, tikus, kerbau, macan, kelinci, kuda, kambing, kera, anjing, babi), dengan gambaran yang mirip binatang-binatang YANG MENJALAR (Scorpio, naga, ular)


2. ALLAH MELARANG KITA MENDENGARKAN RAMALAN OKULTISME

Horoskop adalah skema Astrologi (ilmu ramal berdasarkan bintang-bintang). Menurut Encarta Reference Library, Astrologi adalah praktek sihir (okultisme)

OCCULTISM (Latin occulere “to hide”), belief in the efficacy of various practices—INCLUDING ASTROLOGY, . . .”

Allah melarang umatnya mencondongkan telinga kepada ramalan okultisme atau tenung.

Ulangan 18:13-14
Haruslah engkau hidup dengan tidak bercela di hadapan TUHAN, Allahmu. Sebab bangsa-bangsa yang daerahnya akan kaududuki ini MENDENGARKAN KEPADA PERAMAL atau petenung, TETAPI ENGKAU INI TIDAK DIIZINKAN TUHAN, ALLAHMU, MELAKUKAN YANG DEMIKIAN.

Menjadi simpatisan horoskop sama saja dengan mendengarkan ramalan okultisme yang dilarang Allah. Allah MELARANG kita mendengarkan (termasuk membacanya dengan alasan iseng) ramalan okultisme itu!

Bagi beberapa orang kafir ramalan bintang cocok bagi mereka, tapi bagi Kristen sejati hal itu TIDAK COCOK, tidak berlaku, sebab ditiadakan ditiadakan oleh Tuhan.

Yesaya 44:25
Akulah yang meniadakan tanda-tanda peramal pembohong dan mempermain-mainkan tukang -tukang tenung; yang membuat orang-orang bijaksana mundur ke belakang, dan membalikkan pengetahuan mereka menjadi kebodohan;


3. ALLAH MELARANG KITA IKUT ADAT KAFIR

Jika ditilik di atas, ramalan zodiac horoskop berasal dari kekafiran Babel yang menyembah benda-benda langit. Allah melarang penyembahan kepada matahari, bulan, dan bintang-bintang.

Ulangan 4:19
dan juga supaya JANGAN ENGKAU MENGARAHKAN MATAMU KE LANGIT, sehingga apabila engkau melihat matahari, bulan dan bintang, segenap tentara langit, engkau disesatkan UNTUK SUJUD MENYEMBAH DAN BERIBADAH KEPADA SEKALIANNYA ITU, yang justru diberikan TUHAN, Allahmu, kepada segala bangsa di seluruh kolong langit sebagai bagian mereka,

Memang kita tidak menyembah bintang-bintang, tetapi menjadi simpatisan ramalan horoskop adalah melakukan adat kafir dari Babel tersebut. Allah dengan tegas akan menghukum umatNya yang hidup mengikuti adat kafir.

2 Raja-Raja 17:7-8
Hal itu
(HUKUMAN ALLAH) terjadi , karena orang Israel telah berdosa kepada TUHAN, . . KARENA MEREKA telah menyembah allah lain, dan TELAH HIDUP MENURUT ADAT ISTIADAT BANGSA-BANGSA YANG TELAH DIHALAU TUHAN dari depan orang Israel . .
Hidup menurut adat istiadat bangsa kafir artinya mengikuti tradisi kafir mereka (di antaranya menjadi simpatisan horoskop). Ini akan mendatangkan hukuman Allah!


4. KITA TIDAK PERLU TAKUT PADA TANDA-TANDA ZODIAC DI LANGIT

Yeremia 10:2
. . Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, JANGANLAH GENTAR TERHADAP TANDA-TANDA DI LANGIT, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya.

Tanda-tanda di langit (salah satunya adalah zodiac) bisa menjadi ramalan yang menakutkan bagi bangsa-bangsa kafir. Kristen sejati menyandarkan hidupnya kepada Allah di dalam Yesus, nasibnya ditentukan imannya dan bukan pada ramalan bintang. Orang Kristen yang menjadi simpatisan horoskop dan menguatirkan hidupnya karena ramalan itu, sesungguhnya adalah karena mereka yang lebih percaya pada horoskop daripada kepada Allah. Ini merupakan penghinaan bagi Tuhan.


5. JANGAN BIARKAN DIRI DIPERBUDAK ROH-ROH YANG LEMAH

Galatia 4:8-10
Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhambakan diri kepada allah-allah yang pada hakekatnya bukan Allah. Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada ROH-ROH DUNIA YANG LEMAH DAN MISKIN dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? KAMU DENGAN TELITI MEMELIHARA HARI-HARI TERTENTU, BULAN-BULAN, MASA-MASA YANG TETAP DAN TAHUN-TAHUN.

Orang yang menjadi simpatisan horoskop mempercayai hari tertentu, bulan tertentu, tahun tertentu, masa tertentu. Contohnya, mereka mempercayai adanya masa Scorpio (24 Oktober – 21 Nopember), adanya tahun monyet (1956, 1968, 1980, dan seterusnya), dan lain-lain. Mereka memperhatikan ramalan masa-masa zodiac tersebut. Mereka diperbudak oleh roh-roh dunia yang lemah dan miskin.

Roh Kudus yang diberikan kepada orang Kristen jauh lebih besar daripada roh-roh yang ada di dunia ini. Kenapa ada orang Kristen yang bertindak bodoh dengan menundukkan diri kepada roh-roh yang lebih lemah daripadanya?

I Yohanes 4:4
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab ROH YANG ADA DI DALAM KAMU, LEBIH BESAR DARI PADA ROH YANG ADA DI DALAM DUNIA.


6. KITA AKAN MENJADI PAYAH JIKA MENJADI SIMPATISAN RAMALAN BINTANG

Yesaya 47:1-15 adalah murka Allah atas orang Babel yang hidupnya mengacu kepada ramalan bintang.

Yesaya 47:1
Turunlah dan duduklah di atas debu, hai anak dara, puteri Babel!

Orang-orang Babel menjadi payah karena banyaknya nasihat dari paranormal yang meneliti bintang-bintang dan menyampaikan ramalan-ramalan astrologi pada tiap bulan baru.

Yesaya 47:13
ENGKAU TELAH PAYAH KARENA BANYAKNYA NASIHAT!
Biarlah tampil dan menyelamatkan engkau ORANG-ORANG YANG MENELITI SEGALA PENJURU LANGIT, YANG MENILIK BINTANG-BINTANG DAN YANG PADA SETIAP BULAN BARU MEMBERITAHUKAN APA YANG AKAN TERJADI ATASMU!

Sesungguhnya para peramal bintang itu bagai jerami terbakar yang tidak dapat menyelamatkan orang-orang yang menerima ramalan bintang mereka (menyelamatkan diri saja tidak mampu, mana mungkin menyelamatkan orang lain?)

Yesaya 47:14-15
Sesungguhnya, MEREKA SEBAGAI JERAMI YANG DIBAKAR API; mereka tidak dapat melepaskan nyawanya dari kuasa nyala api; api itu bukan bara api untuk memanaskan diri, bukan api untuk berdiang! Demikianlah faedahnya bagimu dari tukang-tukang jampi itu, YANG TELAH KAUREPOTKAN DARI SEJAK KECILMU; masing-masing mereka terhuyung-huyung ke segala jurusan, TIDAK ADA YANG DAPAT MENYELAMATKAN ENGKAU.

Sejak kecil, bangsa Babel sudah merepotkan diri dengan para peramal bintang. Hidup mereka menjadi payah. Demikian juga dengan orang Kristen yang menjadi simpatisan ramalan bintang, mereka akan menjadi payah!


7. KITA AKAN DINAJISKAN ROH-ROH PERAMAL

Imamat 19:31
JANGANLAH kamu BERPALING kepada arwah atau KEPADA ROH-ROH PERAMAL; janganlah kamu mencari mereka dan DENGAN DEMIKIAN MENJADI NAJIS KARENA MEREKA; Akulah TUHAN, Allahmu


8. PETUNJUK HIDUP KITA ADALAH FIRMAN DAN ROH KUDUS, BUKAN RAMALAN BINTANG

Mazmur 119:105
Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Roma 8:14
Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.


9. TAKDIR KITA DITENTUKAN ALLAH DAN KITA, BUKAN DITENTUKAN RAMALAN BINTANG

Bahasan mengenai siapa penentu takdir hidup kita bisa dilihat di artikel MELAWAN TAKDIR


KESIMPULAN

Jika Allah begitu membenci praktek okultisme, kenapa ada orang Kristen bahkan yang dengan santai menyatakan bahwa bintang mereka adalah Scorpio dan shio mereka adalah monyet? Bukankah hal ini menyakiti hati Tuhan?

Setelah saya mengerti kebenaran ini, saya menyatakan diri tidak punya zodiac dan shio. Saya tidak menggambarkan diri sebagai binatang, tetapi segambar dengan Allah. Jika ada orang yang bertanya pada saya,”Apakah bintang atau shio anda?”. Saya akan menjawab dengan senyum,”Saya tidak punya bintang atau shio, saya tidak percaya itu!”

Mungkin suatu saat nanti anda membaca profil para penulis blog Kristen, jika mereka mencantumkan zodiac, berikan nasihat kebenaran ini kepada mereka! Jika mereka bukan orang Kristen itu urusan mereka, mereka punya standar sendiri. Tetapi acuan kita adalah Alkitab. Shalom Aleihim!

==> Mikhael YK – www.kebenaran1.blogspot.com <==

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

wah gw kena nih. Tapi gw baru ngerti. Padahal hare gene masih seabrek orang Kristen kagak ngerti.

December 17, 2006 at 8:06 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

EDITORIAL

Website ini diterbitkan oleh Indonesian Compassion Ministry. Hak Cipta website ini ada pada kami. Sebab itu segala usaha menyalin seluruh atau sebagian dari artikel-artikel yang ada harus meminta ijin tertulis dari kami terlebih dahulu DAN harus mencantumkan URL website ini
 

DAFTAR ARTIKEL

About This Site

Powered by Blogger

Subscribe to
Posts [Atom]